PREAMBULE

B
log ini kami dedikasikan untuk teman-teman pecinta Matematika, siapapun Anda. Namanya memang Matematika SMA Kendal, tapi blog ini terbuka bagi siapa saja, karena Matematika adalah universal.
Sebagian tulisan dalam blog ini merupakan cuplikan dari web lain yang kami rangkum dalam link referensi Lewat sarana ini, kami mengajak rekan-rekan atau siapa saja yang peduli Matematika pada khususnya dan Pendidikan pada umumnya untuk menyumbangkan pikirannya serta berkenan mengirimkannya pada kami melalui salah satu pilihan yang kami tawarkan. Visi kami : "Biar Lambat asal Meningkat"
Selamat bergabung dengan kami. Kritik, saran dan masukan dari Anda sangat kami nantikan.

[petugas]

Matematika Terpaksa

Perhatikan kutipan humor berikut: Sebenarnya di Indonesia hanya ada tiga ciri menonjol dari orang2nya, yaitu jujur, pintar, dan mendukung pemerintah. Tetapi sayangnya orang Indonesia kebanyakan hanya memiliki dua diantaranya. Kalau dia jujur dan pro pemerintah, biasanya tidak pintar, kalau dia pintar dan pro pemerintah, biasanya tidak jujur, kalau dia jujur dan pintar, biasanya tidak pro pemerintah. Walaupun kutipan tersebut cuma humor, tapi bukanlah humor biasa. Ya, saya bisa nyatakan kalau humor tersebut adalah humor yang cerdas. Kandungannya “padat berisi”. Selain berisi lelucon, ada juga kandungan lainnya, yaitu nilai “pendidikan dan pembelajaran” bagi kita. Tak hanya membuat kita tertawa, juga membuat kita berpikir dan merenung, yang bisa jadi membuat wawasan kita lebih terbuka dan menyadari kenyataan negeri kita. Selain itu kandungan matematikanya pun ada, karenanya, humor tersebut layak ditampilkan di blog Matematika ini. Apa saja kandungan matematika dari humor tersebut? Mungkin sebagian dari pembaca akan menebak kandungan matematikanya adalah karena ada angka “dua” dan “tiga” yang tertuang dalam humor tersebut. Betulkah? Ya, tebakan tersebut tidaklah salah. Tapi juga, tidak sepenuhnya benar. Lalu, apa lagi kandungan matematikanya? Kandungan matematikanya yaitu tentang pengklasifikasian “macam” orang Indonesia. Kriterianya berdasarkan tiga sifat yaitu Jujur (J), Pintar (P), dan Pro pemerintah (M). Berdasar humor tersebut, dikatakan bahwa dari kriteria yang ada, kebanyakan orang Indonesia hanya memenuhi dua kriteria. Karena kriterianya ada tiga, sedang sifat yang dipenuhi orang Indonesia hanya dua saja, ini artinya kombinasi dua “hal” dari tiga “hal”. Ada berapa macam kombinasinya? Ya tentu ada tiga, seperti juga sudah dinyatakan dalam humor tersebut. Sederhananya, bila diungkapkan dengan simbol-simbol matematika, maka proses mengkombinasikan tiga macam orang Indonesia itu seperti berikut ini. J, P, M Maka kombinasi dua simbol dari tiga simbol tersebut adalah: JP, JM, dan PM. Dengan JP = Jujur dan Pintar; JM = Jujur dan Pro pemerintah; dan PM = Pintar dan Pro pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar